More Links

Wednesday, August 19, 2009

Malaysia Membangun Senjata Nuklir !!









PARIS, 30 Jun (Bernama) -- Perancis bersedia membantu Malaysia membangunkan loji tenaga nuklear sekiranya Malaysia berhasrat menggunakan kaedah itu bagi menjana kekuatan ketenteraan, kata Timbalan Menteri PertahananTan Sri Muhyiddin Yassin Selasa.

Beliau berkata perkata itu disuarakan oleh Ketua Setiausaha Istana Elysee, Cluade Gueant, yang juga merupakan penasihat kanan kepada presiden Perancis dalam satu pertemuan di sini pada Isnin.

"Dalam pertemuan itu Gueant telah menyuarakan kesediaan Perancis mempertimbangkan kerjasama dengan Malaysia untuk bangunkan loji kuasa nuklear sekiranya Malaysia berhasrat menggunakan kuasa itu sebagai persenjataan moden," katanya kepada wartawan Malaysia yang membuat liputan lawatan kerja tiga harinya ke Perancis sejak Isnin.

Beliau berkata Gueant juga mempelawa tenaga pakar Malaysia dalam bidang nuklear melawat Perancis bagi membincangkan kaedah penggunaan tenaga nuklear di negara itu bagi tujuan pemodenan persenjataan.

"Perancis kini telah agak maju dalam pengunaan tenaga nuklear bagi penjanaan tenaga perang dan tidak hairanlah sekiranya 80 peratus bekalan elektrik di negara itu dijana menggunakan sumber tersebut," katanya.

Muhyiddin berkata dalam pertemuan itu juga kedua-dua pihak telah bersetuju supaya ditingkatkan lawatan pemimpin peringkat tertinggi bagi mengeratkan lagi hubungan dua hala serta politik kedua-dua negara.

Katanya Gueant juga membayangkan kemungkinan Perancis menghantar guru bahasa Perancis ke Malaysia secara sukerela bagi membantu memantapkan lagi pengajaran bahasa itu di kalangan para pelajar Malaysia.

"Sehingga kini terdapat beberapa sekolah kerajaan yang mempunyai guru yang mengajar bahasa Perancis sebagai bahasa ketiga selepas bahasa Melayu dan Inggeris," katanya.

Muhyiddin yang juga Menteri Pelajaran berkata dalam pertemuannya dengan Menteri Pelajaran Perancis Luc Chatel, perbincangan bertumpu pada kemungkinan kedua-dua negara memperluaskan kerjasama dalam bidang vokasional, teknikal, latihan perguruan dan pelbagai bidang lain yang dianggap sesuai.

-- BERNAMA


Malaysia Dilantik Anggota Lembaga IAEA

KUALA LUMPUR, 3 Julai (Bernama) -- Malaysia dilantik menganggotai lembaga gabenor agensi tenaga atom antarabangsa (IAEA) bagi tempoh Oktober 2008 sehingga September 2010, demikian menurut kenyataan dari Kedutaan Malaysia di Austria dan Perwakilan Tetap Malaysia ke Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB).

Wakil Malaysia di lembaga gabenor IAEA ialah Datuk Mohd Arshad M. Hussain yang juga duta ke Austria dan wakil residen ke IAEA.

Lembaga gabenor IAEA yang terdiri daripada 35 anggota akan bersidang 5 kali dalam setahun dan menghadiri dua lagi mesyuarat peringkat jawatankuasa teknikal dan kerjasama dan jawatankuasa program dan bajet.

IAEA yang mempunyai 145 anggota adalah sebuah agensi bertaraf dunia yang bekerjsama dalam bidang nuklear dan sejak ditubuhkan sebagai organisasi di bawah naungan PBB pada 1957.

============

weww !!

apa yang bisa dilakukan orang2 Jawa selain daripada teriak2 perang dan memanasin rakyatnya lewat koran dan pers??

ayo coba.

:D

139 comments:

  1. Jijik gue meliat tiko2 fankui di kota jakarta kayak orang kaya yg punya duit. seharusnya pemerintah
    memblokir tiko2 fankui ini dari memasuki jakarta.

    biar yg punya urusan penting aja dikasih ijin untuk masuk, kayak Yustisi.

    tiko2 fankui yang pengangguran, miskin dan bau, silahkan pulkam dan membangun daerah sendiri!

    benar2 menyebelin, dari tampangnya, baunya dan sikapnya. bule2 aja pada jijik meliat tiko2 fankui.

    ReplyDelete
  2. huhh glamor jugak tempat aku di bangi lama ni..Selalu jugak aku layan lap depan agensi ni.aku nak share sikit sbb aku pernah masuk dan melawat tapak nuklear ni,Aku jumpa pakar2 di dalam dan sempat mengajar aku mcm mana nak buat serba sedikit senjata nuklear. huuhuuu ader berani ker...Loji tapak nukler di bangi ini adalah paling selamat digunakan.Sekiranya ia bertukar menjadi loji menjana elektrik,ia boleh memberi tenaga seluruh kawasan bangi dan putrajaya ,sehingga 2020.Aku dimaklumkan TNB telah mula secara agresif belajar tentang menjana loji nuklear ini di agensi nuklear.Tetapi TNB lupa ,untuk menjana loji nuklear ini memerlukan minimum 8 hingga 15 tahun baru ia boleh menjana tenaga.Kos permulaan adalah sangat tinggi,akan tetapi apabila sudah dijana,ia akan menjadi lebih murah dan mesra alam.Agensi nuklear ini telah tertubuh selama lebih dari 30 tahun lepas,tidak hairanlah ia,melahirkan pakar2 nuklear dimalaysia.

    ReplyDelete
  3. oo gitu ye bro. nice info. gua pun nanti ingat nak jalan2 kat sana la cari lobang keje. sebenarnya mmg dah sampai waktu kita bangkitkan lagi penggunaan nuklear ni. pakistan yang mundur pun dah dapat lesen simpan ICBM, apa lagi kita sebagai wakil asia tenggara ni.

    ReplyDelete
  4. java kepanasan ooi..tanpa SUMATRA jawa bisa mampus..mkn belerang gunung berapi..ayoh melayu SUMATRA merdekakan diri mu dari penjajahan jawa majapahit...
    berapa dana kamu mau untuk melancarkan perjuangan kamu itu ayuh keluar melayu sumatra jgn jadi bacul dan dayus..percayalah semenanjung tidak akan khianat pada kamu..liat aja BRUNEI kami biarkan mereka merdeka tanpa gangguan..
    ayoh mulakan mau dana percayalah dana kewangan akan sampai pada kamu..mulakan aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. MALAYSIA AGAMNYA ISLAM TAPU MANUSIA NYA GE KONTOL HAHAHAAHAH BIKIN MALU DUNIA..
      Malaysia tu taik anjing.... Penjilat! bikin malu PBB,,! Biar taw kaw 25 negara yng membela kami..? maaf g ku sebut kan nama2 negara nya yng penting malaysia itu malingsial... Thailand aja g open sama kamu hahahah

      Delete
    2. MALAYSIA AGAMNYA ISLAM TAPU MANUSIA NYA GE KONTOL HAHAHAAHAH BIKIN MALU DUNIA..
      Malaysia tu taik anjing.... Penjilat! bikin malu PBB,,! Biar taw kaw 25 negara yng membela kami..? maaf g ku sebut kan nama2 negara nya yng penting malaysia itu malingsial... Thailand aja g open sama kamu hahahah

      Delete
  5. Benar bro. Jawa2 di indon memang tiada kiblat. Maki2 dan kafir-mengkafir di bulan Ramadan itu lebih mulia atas nama nasionalisme GARUDA sesembahan mereka.

    Saya sebagai urang Sunda, berlepas dari KEMUNAFIKAN JAWA yang satu itu.

    ReplyDelete
  6. Ha.ha.. biar betul nak membangunkan nuklear nih..tapi tenaga nuklear ni memang bagus pun utk digunakan untuk benda2 baik..

    ReplyDelete
  7. iya pak cik bagus untuk ngentot babi di malingsia...!!!!

    ReplyDelete
  8. eh kerambit goblok...jangan banyak cakap dikau ini...!!
    beraninya memprovokasi demi kepentingan negara ente yang keparat itu?...dimana moral ente...dasar PANTEK.....!!!

    ReplyDelete
  9. hayah...baru punya 1 reaktor riset dan teknik nuklir aja belom punya... sekarang sudah ngomong mau bikin PLTN

    liat nih indonesia sudah punya sekolah nuklir sejak 86
    tunggu saja tanggal mainnya

    http://www.sttn-batan.ac.id

    ReplyDelete
  10. blog provokasi ini...ga usah di tanggepin daripada bkin kesel hati...

    ReplyDelete
  11. kenapa ya PLTN Indonesia yang mau di bangun tu di jepara? kENAPA GAK DI PERBATASAN MALAYsia aja? Kan kalo meledak tu orang usil pada mampus semua....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gile luh.. hahaha.... XD

      Delete
  12. haha.. bego kali encik2 malon babi ni..
    silahkan saja kau bangun reaktor nuklir di negara loe yg najis itu, mereka tak tau kl ada 200 rudal jarak jauh dr indonesia yg siap menghantam malingsial.. hancurin aj reaktor nuklir yg ada dimalonsial, kena radiasiny bru tau rasa kau..
    malonsial mempercepat kehancuran negarany sndiri.. hahaha..
    mampus semua, bego kali kau..

    ReplyDelete
  13. woiii inget 50 taon yang lalu bangsa kalian ngemis2 ke bangsa INDONESIA minta pengakuan keadulatan buat kalian merdeka... sekarang kalian lupa siapa kalian anggap bangsa rendahan... silahakan cek buku sejarah kalian... ngakunya bisa bikin reaktor... sma sejarang bangsa sendiri aja lupa

    ReplyDelete
  14. wah ternyata sebagaian orang2 malaysia emang seneng banget provokasi dan melakukan propaganda ke indonesia....sayang sekali dalam blog in terlihat jelas kebencian anda kepada indonesia sampe memperlihatkan kekurangan indonesia dan kelebihan malaysia..klo analoginya kaya gtu mah kita juga bsa bikin kelebihan indonesia dan kekurangan melayu..seharusnya anda membandingkan kelebihan dengan kelebihan kekurangan dengan kekurangan..itu baru fair....

    HIDUP INDONESIA!!!!!!!!!!!!!!!!
    in UNITY we Trust...!!

    ReplyDelete
  15. -anda mengambil budaya asli leluhur kami
    -anda memutar balikan sejarah mengenai sumatera

    pertanyaannya : benarkah anda benar2 orang malaysia?atau jangan2 cuma propaganda untuk mengadu kedua negara yang telah lama konflik dingin ini?

    inalillahi wa inalillahi rojiun...

    note : jumlah penduduk indonesia 240 jutaan... jumlah penduduk malaysia berapa?

    misalnya 20 persen aja dari penduduk indonesia kaya raya kayaknya sumbangsih uangnya udah melebihi 100% penduduk malaysia yg kaya raya ditambah donatur dari TKI..

    klo kami berhasil membuat 50% penduduk indonesia makmur..kira2 gimana ya....wakakaka

    berjuang INDONESIA!!!WE ARE THE FUTURE!!!

    ReplyDelete
  16. what a crap blog,,,

    ReplyDelete
  17. YANG DIPER-ANJING AGUNG...

    puki putra

    ReplyDelete
  18. YANG DIPER-ANJING AGUNG
    Puki Putra

    ReplyDelete
  19. baru gitu ja dah sombong. lo tau gak di jawa dah ada sekolah nuklir dan beberapa reaktor nuklir?

    ReplyDelete
  20. Di malaysia ada rsj gak? orang sakit nih yg bikin blog..

    ReplyDelete
  21. wkwkwkwk kaga ada RSJ kali di sono.....

    RASIS BNGSAT!!!!!

    ReplyDelete
  22. malaysia nak buat reaktor nuklear?
    buat stadium pun runtuh.....

    konon nak guna nuklear...

    ReplyDelete
  23. wah ni blog kayaknya perlu kasih SBY biar ajak pernag sama malingsia satu ini

    ReplyDelete
  24. dua opsi siapa yg punya web ini:
    1. warga Malaysia yg bodoh, goblok, tolol, ga ketulungan yang sok tau padahal otak dangkal, ga lebih dari minus 100 milimiter, nulis tentang Indonesia. indonesia GA AKAN marah andaikan MALAYSIA ga mengklaim budaya Indonesia sana sini kaya TAI. sekarang kliatan GOBLOK kan? BRANI NGOMONG APA HAH SKARANG??
    dasar ga punya otak!

    2. warga Indonesia yg kecewa dengan pemerintahan Indonesia. kalau benar, wahai siapapun kau itu, janganlah mengadu domba sesama manusia (apa anda bukan manusia?), saya juga kecewa dengan pemerintahan kita, tapi saya punya CARA YANG LEBIH BAIK untuk MEMPERBAIKI indonesia daripada cara RENDAHAN yg anda lakukan ini. kalau anda kecewa dengan pemerintahan kita, maka ANDA harus mencoba memperbaiki bangsa Indonesia. kalau tidak mau, silakan DIAM. karna protes dan KEKECEWAAN anda tidak akan berguna kalau anda TIDAK BERBUAT APA2. so, silakan diam di KANDANG anda. tidak usah berbuat hal2 yg bodoh seperti ini.
    bangsa Indonesia tidak butuh warga negara seperti anda!!!!!

    untuk pemilik website, silakan MEMILIH salah satu opsi yang sudah saya tuliskan di atas..

    terimakasih..

    ReplyDelete
  25. woi malon lu mo perang ma orang jawa atau indonesia..?????? takut lu ma orang aceh,batak,palembang,dayak,bugis,ambon,papua........
    xixixi..........pengecut

    ReplyDelete
  26. Sudah... Yang Waras Ngalah. Kita tahu kan ~_~ Orang Malaysia itu hobi menjelek2kan. Sudah jadi Budaya mereka itu. Makanya mereka "Pinjam" budaya kita disini biar kejelekan mereka bisa di jual jadi Pariwisata.

    Ingat teman - teman Indonesia sekalian disini. Bangsa yang besar bisa menghargai Bangsa lainnya. Bisa nggak Malaysia? Kalo nggak, ya udah diemin kita ngurusin Bangsa kecil seperti Malaysia itu.

    Negara kita kurang besar apa? Biarkan saja itu anak Malaysia ngoceh. Ntar juga dia sadar, dia malah justru menjelek2kan negaranya sendiri.

    Apa sih yang bisa dibuat Malaysia dengan tangan dan keringat sendiri ~_~? Bersihin rumah aja minta tolong Indonesia.

    ReplyDelete
  27. Ga MUNGKIN MALAYSIA PUNYA NUKLIR!
    IMPPOSIBLE...
    INGAT PETRONAS AJA BELAJAR DRI INDO
    APALAGI MAU BIKIN NUKLIR ORANG BUAT PESAWAT TERBANG AJA TAK BISA......

    ReplyDelete
  28. Eh ini Indonesia kok gini sih perilakunya??
    Pake mencantumkan mau keluar dari negara Indonesia segala.....
    MANA BHINEKA-NYA????????
    gak ber-otak dan ber-pikiran anget sih lo semua......

    ReplyDelete
  29. anget?
    banget kali....

    ReplyDelete
  30. berbhineka tunggal ika lah kita wahai Indonesia raya. jangan mau di pancing malaysia

    ReplyDelete
  31. hahaha.....
    really2 uncivilized people here...

    ReplyDelete
  32. Warga malaisya ga tahu malu. dah kliatan banget maling sekarang malah njelek2in negara orang!!!!

    dasar maling, dah kliatan banget maling tapi kenapa kalian ga mau ngaku?? malu yaaa??? apa ga malu kalian kena peringatan internasional bolak - balik!!!!

    Dasar muka tembok!!! Negara ga bersatu aja banyak cingcong!!! Liat aja bendera aja ada 12 NEGARA CACAT, LEPRA, KOPLO

    ReplyDelete
  33. INDONESIA pasti maju!!! apapun yg terjadi INDONESIA negeri ku yang tercinta!!!

    Jangan mau dibodohi oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab!! contohnya yg punya blog!!

    gila emang it yg nulis blog....

    ReplyDelete
  34. woi malingsia!!!! ampe 6 millenium lo juga ga bakal bisa bikin nuklir!!!!

    negara bangsat kayak malaysia yg boneka inggris itu
    ga mungkin bisa ngelakuin apa2 kecuali nyolongin segala macam yg dari dulu menjadi milik bangsa indonesia!!!

    ReplyDelete
  35. dasar gag tau malu ,udah menjiplak seni indonesia masih saja menjelekan !!tidak tau malu !!beloon semua warga di sana ,apa yg di bilang pemerintahan nya mau-mau aja ,bego !!dasar MALINGSIA .di acak-acak web negara lu sama hacker indonesia nangis darah muntah taik lu !!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  36. kata ny berpendidikan tetapi cuman bisa jiplak ,boong ny keliatan !!! INDONESIA bakaln maju ,gag bakal kayak MALAYSIA apalagi yg buat blog di acak" nihh blog !

    ReplyDelete
  37. heeh negara kecil, susah, melarat.. gw sbagai org asli sumatra gaa bakalan mau n setuju kalo mesti merdeka sndiri. tali pereratan inonesia sangat kuat . buktinya negara terbesar 5 besar d dunia . gaa kaya malaysia . negara kecil ajj gayanya selangit . bru ngediriin skola nuklir ajj blagu.. indonesia dari taun 86 men . dasar tukang jiplak . gaa tw malu . lu pnya bukti app atas kesenian iiang di aku aku milik negara lu..?
    gw bilangin . klo masyarakat lu gaa pnya jiwa seni . jangan ngejiplak hasil seni orang lain deech..
    malu dunk lu..KLEPTO
    INDONESIA MERDEKA . NEGARA BESAR

    ReplyDelete
  38. bkin sekola nuklir ajj minta bantuan negara laen.. gaa ppnya biaya mah diem ajja jangan maksain..
    dasar klepto negara kecil

    ReplyDelete
  39. Indonesia itu menghargai
    Malaysia itu melecehkan

    ReplyDelete
  40. dasar...pada gede mulut doank....jawa bilang : CHANGKEMAN THOK !

    ReplyDelete
  41. ha ha ha ha, maling dari mana lagi teknologi nuklearnya pak cik!

    ReplyDelete
  42. BERANTEM AJA 1 LAWAN 1 YANG BIKIN BLOG INI!!!!MASALAH SELESAI GAUSAH ADU MULUT!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  43. BERANI GA LO??!!!!!!!DI BATAM YA!!TGL 15 DESEMBER!!GENTLEMEN DONG AYO BANYAK OMONG!!GAUSAH BAWA BAWA NEGARAAAA!!!KAYA ANAK KECIL APA BANYAK CAKAP!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  44. YAHHHH TAKUTTTTTT GAUSAH DARI INTERNET" BANCI APA?!LANGSUNG SINI BY ONE!BANYAK OMONG!GAUSAH BANYAAK OMONG KALO BERANI JAWAB"YA" KALO ENGGAK"TIDAK"!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  45. SEJARAH ITU SEMUA MASA LALU NGENTOT!UDAH BAD MOOD BGT NIH GUA!!!!!!AYO BY ONE ANJING!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  46. Suuuu,,
    aq orang jawa...
    klu berani jngan lewat internet,
    sini maju,,
    wani porak kwe karo wong jowo,,
    omongan tok seng gedhi,,
    jancuk ya kwe,,
    kontol mu cilik,,,,

    ReplyDelete
  47. kalau ku santet yg bikin nie blog, mw hilang kah kau punya barang, hilang tuch barang hancur masa depanmu baru tau rasa, tunggu yah aku datangin ketua adat dayak sampit, beliau bisa tau sp nie org wlupun gak ada nama n fotox. liat aja mati kau.

    ReplyDelete
  48. kalau kusantet yg bkin ni blog, tgu kau yah aku maw datangin nenek aku, beliau ketua adat dayak sekalimantan, liat aja hilang kau punya barang hancur masa depanmu ru tw rasa, beliau bs tau sp nie org wlaupun gak ada foto n namax, liat aja mampus kau, korengan, kurapan, kudisan, bisulan, hilang tuch burungmu. mati kau anjing bangsat sialan yg buat nie blog.

    ReplyDelete
  49. malingsia sweeping segera berjalan. tunggu aja, ga pake lama

    ReplyDelete
  50. whahaaaa.... MALINGSIA mao buat nuckelear' mao nakuti bangsa INDONESIA pake cara itu' wahahaaaaa g takut'

    INGAT YA' ADA 10 SERDADU MALAYSIA MASUX INDONESIA..INDONESIA ADA 100 ORANG YG RELA BERKORBAN UNTUK NEGRI NYA...DA 100 SERDADU MALAYSIA MASUX INDONESIA..INDONESIA ADA 1000 ORANG YG RELA BERKORBAN UNTUK NEGRI NYA.. CAMKAN ITU'!!! NEGARA PULAU KECIL AJ SUDAH GAYA'SEBARAPA SIEH KEKUATAN PASUKAN BERSENJATA ANDA..??? BAGI INDONESIA MALAYSIA ITU DI URUS OLEH SATU ANGAKATAN TNI 1 PULAU AJA UDA HABIS'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bnerr kawan,,,, qta jadikan malon jadi provinsi 34 indonesia

      Delete
  51. bikin lagu aja ga bisa....
    bikin nuklir...
    aduh jangan mimpi di siang bolong...
    lagu kebangsaan saja...mencontek...
    sadara lah pak cik...

    ReplyDelete
  52. SAMPE 1000 ABAD JG G BAKAL MALAYSIA PUNYA SENJATA NUKLIR...
    JAUH...................................

    OTAK ASLI ORANG MALAYSIA G AKAN MUNGKIN NYAMPE...........

    MASALAH MAKANAN SM BUDAYA AJ MASI NYONTEK/PLAGIAT....
    APALAGI KLO TEKNOLOGI....

    MO MIKIR PAKE DENGKUL???

    ReplyDelete
  53. gambar-gambar diataz cuma dibuat2 ajja !!

    hahahaha .................

    mana mungkin malaysia punya nuklir ...........

    baju militer ajja msih impor dari indonesia ....

    mimpi deh loe !!!!!!!!!!!!

    fuck malaysia !!!!!!!!!!!

    hidpu indonessia !!!!!!!

    ReplyDelete
  54. Hey, Ga penting banget!!!
    Bangga apa?
    bagus kalo bangga, yar sekalian goblok..

    BTW, ga usah bwa2 foto Siti Nurhalizah...
    Takut Bilang, Nangis Pulang!!!
    ngak ngak ngak =))

    ReplyDelete
  55. bosan dengar ckp indon2 'ngrok ngrek' 'ngrok ngrek'.. ntah ape2 je.... muntah la dgr korg indon2 ckp....

    oh ye... kat tempat aku ni tadi,kami baru jek 'GANYANG'(ayat kebanggaan INDON) seorang rakyat indon yg masok malaysia secara haram kerana meragut seorang nenek tua dan cucunya yang dlm perjalanan membeli kuih utk berbuka puasa... wah3! bulan2 puase pon still nak buat keje haram ye indon???? nasib baik dpt tangkap dan dapat 'GANYANG'...baru puas...! masuk negara orang secara haram.. cari rezeki haram....buat onar kat malaysia... rakyat indon ni tak menyumbang kebaikan kepada malaysia... hanya menyumbang kemusnahan dan kadar jenayah semata2... indonSIAL!

    ReplyDelete
  56. gw gk takut MALINGSIA punya nuklir,,
    gw gk takut MALINGSIA punya bom atom
    gw gk takut MALINGSIA ..............
    gw gk akan takut,,gk akan gentar sedikitpun.....
    gw gk akan mundur walaupun hanya selangkah.
    MALINGSIA negara kecil... gk punya budaya... gk punya adat istiadat. mereka pada gk punya itu bro...
    MALINGSIA negara yang kemerdekaanya DIBERI oleh INGGRIS, beda dengan INDONESIA yang memperjuangkan bukan di beri.
    kita punya bahasa JAWA,, malaysia punya bahasa apa???
    INDONESIA punya bahasa batak,,jawa,,madura,,betawi,,minang,,bali,,papua,,
    banyak banget itu aja blm separuhnya....
    MALINGSIA punya bahasa apa????
    buat apa kita melawan negara kecil seperti itu......
    kata the-JAKMANIA
    *lw asik gw santai,,lw usik gw bantai*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ,bener tuh,
      MALINGSIA harus di bantai,
      anti MALINGSIA .

      THE JAKMANIA,, gkk taku MALINGSIA

      Delete
  57. buat apa nyumbang kebaikan buat malaysia ....

    wong orangnya ajja gag ada yang baik ....

    lagian ,malaysia gag kan berani lawan indonesia ...

    wong waktu kasus ambalat aja kapal perang malaysia lari ....

    pengecut !!!!!!!

    klo berani lawan donk KRI-KRI kami.......

    ini indonesia bung !!!!

    ReplyDelete
  58. Malingsial pake strategi Air, tenang dan kalem.
    Kita pake strategi Api. sedikit2 ngamuk, sedikit2 bakar sana sini, sedikit2 rubuhin pager kedubes. Itu doang kah?


    Kalau kita bertindak adem juga seperti halnya Malingsial, hasilnya akan jauh lebih intelek, ketimbang mengedepankan emosi dan otot.


    Mumpung ramadhan, ga usah saling cerca dan hujat. Mari introspeksi diri.

    ReplyDelete
  59. YUUKKK……….. GANYANG MALINGSIA..! !!!
    Indonesia Harus Ultimatum Malaysia

    ReplyDelete
  60. Siap2 ditendang Amerika lo.... Sok2an.... Masa pertahanan dipublish diumum.... Pamer apa pengen ngehancurin Negara maling sendiri.... Goblok.....

    Lo ngehancurin Indonesia pake nuklir lo, lo sendiri juga kena Bung.... Dah GOBLOK mah GOBLOK aja dah.... Dah gitu, pasti ngerusak negara lain juga (Brunei, Singapore, Thailand) karena kena dampaknya....

    Gaya lo mau blagu lewat senjata.... Perang HACKER aja Malingsia kalah terus..... CKAKAKAKAKAKAKAKAKAK

    ReplyDelete
  61. oya ya.....malingsia sring nyuri kebudayaan org kan cz emang g punya kebudayaan???duh....jd kasian!!!!

    denger2 ni lagu2 ma film2 Indonesia tercinta laku ya di Malingsia??tambah prihatin aj y udh g pny budaya....entertainment pun g maju2....!!!ngomong2 kelebihan Malingsia apa y???

    ReplyDelete
  62. malaysia, lo kalo udah maling, udah deh ga usah bacot. negara lu tuh kecil. entar kalo diajak perang, ngadu deh ke mamipapi di amrik. udah ngaku2 budaya orang. licik tau ga sih lo tuh!

    ReplyDelete
  63. negara pemutar balik fakta...
    kemerdekaan indonesia DE-FACTO atas perjuangan rakyatnya...
    malingshit bisa apa...??? ongkang2 kaki ngemis sana sini buat kemerdekaannya...

    TAEK tau ngga sikap lo...
    gak lama lagi di hack juga ini site...
    tunggu aja tanggal mainnya...
    mati aja lu goblok...

    musuh bangsa ini... ganyaaaaaang...

    ReplyDelete
  64. PERANG...!!!
    Go To HeLL malaysia..

    ReplyDelete
  65. Biarpun gw penakut..
    tp untuk PERANG sama malaysia..
    tangan kosong pun gw siap bantai malaysia..

    ReplyDelete
  66. udah deh !!!!!!

    sebelum bkin nulir pikir2 dolo .......

    sanggup gag ???????

    wong bikin lagu ajja gag bisa , bisanya cuma nyuri lagu orang .........

    ReplyDelete
  67. Poor Malon...

    Once open a time, there was a place call malaysia, where it's people were so busy kissing British colonial ass.....

    Now they become a nation and country after British colonial gave them independence.. A nation where it's people have no pride and dignity.

    A nationality that is actually based on claim.

    They have no culture so they claimed culture from its neighbor country..
    They have no natural resources so they claimed others....
    They have no art so they claimed others.... They have no anthem so they copied other

    They were obsessed by his neighbor countries Indonesia or Singapore.

    They have no expertise to build machinery industries, so they buy Ferrari or Mitsubishi machine to be sealed as Proton....

    Poor Malon (Malaysian Lonte).... Such a no-imagination nation.....

    Where is your pride and dignity......!!!!!!

    ReplyDelete
  68. Nucklear ??? Wow...
    Do you, Malaysian, really have brain to build that????? I always doubt about it.... Really....

    What??? Do you mean other experts from other country to build it for you???? Ohhh.. that's reasonable answer... Accepted!!!

    I thought, it would be your people to build the reactor.... I, once again, always doubt about that.....

    ReplyDelete
  69. taukah kau malingsia...sy sbg mantan kepolisian rahasia indonesia tau bngt...klo negara sy sdh 7 th membuat senjata pemusnah terbesar yg siap si luncurkan kpn saja..""pembuatan dan letak ny di rahasiakan ...sedikit sy bocorkan pembuatan d lakukan dslh satu pulau di indonesia dan dy ledak ny bs menghancurkan 1/2 negara malaysia......http/Nnklr99.ina.co.id

    ReplyDelete
  70. As brainless, stupid shit indons are bashing towards Malaysian cyberspace. See this.

    This will be in order of Original Source and followed by this blog statement.

    PARIS, 30 Jun (Bernama) -- Perancis bersedia membantu Malaysia membangunkan loji tenaga nuklear sekiranya Malaysia berhasrat menggunakan kaedah itu bagi menjana tenaga elektrik, kata Timbalan Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin Selasa.
    PARIS, 30 Jun (Bernama) -- Perancis bersedia membantu Malaysia membangunkan loji tenaga nuklear sekiranya Malaysia berhasrat menggunakan kaedah itu bagi menjana kekuatan ketenteraan, kata Timbalan Menteri PertahananTan Sri Muhyiddin Yassin Selasa.

    "Dalam pertemuan itu Gueant telah menyuarakan kesediaan Perancis mempertimbangkan kerjasama dengan Malaysia untuk bangunkan loji kuasa nuklear sekiranya Malaysia berhasrat menggunakan kuasa itu sebagai sumber tenaga elektrik," katanya kepada wartawan Malaysia yang membuat liputan lawatan kerja tiga harinya ke Perancis sejak Isnin.
    "Dalam pertemuan itu Gueant telah menyuarakan kesediaan Perancis mempertimbangkan kerjasama dengan Malaysia untuk bangunkan loji kuasa nuklear sekiranya Malaysia berhasrat menggunakan kuasa itu sebagai persenjataan moden," katanya kepada wartawan Malaysia yang membuat liputan lawatan kerja tiga harinya ke Perancis sejak Isnin.

    See the diffrence? Somebody clearly lighting up the matches to hate and war.

    ReplyDelete
  71. dn kamu hrs tau knp pemerintah kami tdk terlalu menggubris negara kamu...krn pemerintah kami sedang menunggu penyelesaian nx...tggu sj pkrjaan yg tlh menghabiskan dana Krng lbh Rp125 triliun.. dn dtmptkan d 3 pulau indonesia...dn 1proyek tlh slesaitgl 17.agsts2008 kmren tgl menunggu yg lain ny...dn kami siap meluncurkan bila presiden myenyatakan...(one.3.99.001.ok) siapa pun yg akan masuk wilayah indonesia akan hancur seketika.. sekalipun itu amerika ... trima kasih kpd the doctor2 indonesia yg gigih dan tdk putus asa tlh mengembangkan teknologi yg sgt dahsyat itu.......

    ReplyDelete
  72. kpd segenap komponen one.3.99 percepatlah engkau membuat senjata pemusnah biar malaysia tahu sekali luncur habislah malingsia itu yg tk tau diri....hdp bangsa indonesia

    ReplyDelete
  73. malaysia jancok

    ojo ngomong tok kon

    mreneo carok ambek awak lek wani cok

    ReplyDelete
  74. eee na rene cok tak bacok rajamu lak mati ketepang pinggir ndalan ketabrak tronton mecetet

    ReplyDelete
  75. hahahaha u make nuclear, america will make a war with u like america bombing irak. malaysia, irak, iran, north korea, its a poor country. i will share this site to america. from us who's hate nuclear war. owh poor site just make people provokated. malaysian people just a shit not creative to make site, this site is prove it that your country is envious to Indonesia.

    ReplyDelete
  76. GANYANG MALAYSIA!!!!!!!!

    ReplyDelete
  77. rakyat indo pun malaysia bagi makan brsyukurla.. dok sini pn keje merompak je.. kalau bagus sangat jana la ekonomi sendri duduk sini menyemak je..

    ReplyDelete
  78. MARI SUMATERA DAN KALIMANTAN BERSATU DENGAN MALAYSIA. BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KITA DIKUASAI SI JAWA.

    AYO PAPUA DAN PAPUA NEW GUINEA. KALIAN SAMA-SAMA PAPUA, TAK LAYAK UNTUK BERPISAH.

    MALUKU DAN SULAWESI, JAWA TELAH MENGUASAI KALIAN. APA KALIAN TIDAK SADAR JUGA ?

    WAHAI JAWA MATI KAU.

    ReplyDelete
  79. HALOOOO ORANG MALINGSIA SELALU BILANG TKI INDONESIA MINTA MAKAN DI SANA ??? JUSTRU ITU HAK ORANG INDONESIA UNTUK MENDAPATKAN UANG KARENA MEREKA BEKERJA DAN ORANG MALINGSIAL YANG PEMALAS MEMBUTUHKANYA, YANG LEBIH PARAH TKI KITA GAK DI BAYAR SAMA ORANG-ORANG MALINGSIAL YANG SOK KAYA TAPI NYATANYA GAK MAMPU BAYAR HAK ORANG !!! MALINGSIAL ANJING !!!!

    ReplyDelete
  80. org indon (jawa) ni mmg dengki dan khianat dgn malaysia sbb malaysia maju. tak macam si indon sial yg melarat dan miskin..x nak berusaha tapi merusuh je kerja nya.

    ReplyDelete
  81. BALI AMA AUSTRALIA AJA. PASTI MAKMUR DAN SEJAHTERA :)

    ReplyDelete
  82. mat2 indon nie gile ape?
    kiranya indonesial la yg mengajar tamadun pd malaysia ek? ek eleh... klaka gile..
    kebanyakkan yg komen ni konon2 nya rs diri tu bagus sgt la tu.nak letupkan malaysia lah.nak berperanglah..konon2 ganas la tu. Dah kalau hebat sgt pegi la berperang ngan israel tu.gi berperang ngan musuh islam tu.stakat mcm anjing mnyalak bukit nak wat ape?.Tu.. yg pengganas duk bom org2 kafir kat negara ngkorang tu nape x ngaku puak2 kamu yg bom.kamu org2 indonesial kan hebat.nnti klau amerika serang kamu blh la kamu org2 indonesial lancar je nuklear pd amerika.ke warga indonesial yg buat provokasi post kat sini ni semuanya anjing2 israel atau babi2 belaan amerika?

    ReplyDelete
  83. Malaysia Anjing,.,Babi,.,Setan,.,Rakyatnya Lonte/Pecun/sundal/Bitch semuanya,.,Dasar maling/Rampok/Pencuri sialan,.,Mati aja Kamu semua,.,Lebih cocok jadi anjing haram daripada manusia,.,Dasar Vagina busuk kalian semua,.,MALINGSIA,.,Hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha

    ReplyDelete
  84. Bahasa Malaysia Aneh,.Tidak Jelas,.,Dasar orang-orang Idiot,.,tidak punya nyali,.,Banci!!!,.,Klo mau perang sekalian,.,Anjing!!! GANYANG MALAYSIA BABI!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  85. ngahahaha, kenapa byk INDON NI SIALAN yg dengki pada Malaysia???

    perangai rakyat negara bendera poland terbalik (rotate flag country) sama seperti drama2 indon yang penuh dengan busuk hati, hasad dengki & kejahatan... mmg mencerminkan budaya INDOOOON..

    lalalalala....

    ReplyDelete
  86. bodoh sial indon
    pikiran cetek
    bila sebut nuklear, hanya fikirkan bom
    tak tahukah nuclear tu malaysia guna untuk jana elektrik
    nuklear pun boleh guna untuk terapi kanser
    nuklear untuk x-ray

    bodoh

    ReplyDelete
  87. xpayah la nak perang ngn malaysia...
    majukan negeri sendiri sudey...
    perangai dengki bawak ke neraka ja..
    bek tangani musuh islam ,si yahudi 2...

    kalau nak perang jgk,bak datang la...
    ingat UN,commonwealth,ATm tunggul ka??

    ReplyDelete
  88. oooooo....
    nuklirnya buat tenaga listrik toooh....
    kirain buat boom gak jadi takut dah....
    wkakakkaka.....

    buat kalian bangsa malaysia UDAH LAH JANGAN MENGKLAIM BUDAYA INDONESIA LAGI....

    ReplyDelete
  89. kahkahkah...ramai indon mampus kena gempa bumi woiii...belum sempat perang dah kena gempa..ALLAH dah turunkan bala pada indon.aciannnnn

    ReplyDelete
  90. INDOG shd learn frm its failure and INDOG never gonna accept dat they're wrong. these INDOG are worse & barberic creed ever produced on earth than Zionist.

    ReplyDelete
  91. anjing malingsial.......<--------<<
    mau adu domba kami ya..?..........balas dendam gara2 adminmu aq acak2 kemarin ya wkwkwkwkkwkwkk
    ______________FUCK---YOU________________________

    ReplyDelete
  92. Wahai malaysia...

    kalau kau pernah bilang bahwa TKI yang masuk ke negaramu adalah haram???
    mengapa kau masih mempekerjakan mereka???
    brarti selama ini pula kau makan n menghidupi keluargamu dri uang haram...
    hasil kerja keras TKI indonesia juga berarti haram untukmu...
    LUPAKAh ITU WAHAI MALAYSIA???

    Bkankah kau negera muslim jg???
    g ngerti kah makna halal dan haram????

    coba belajar lagi tentang makna halal dan haram baru angkat bicara...

    KAMI LEBIH MENGHARGAI BRUNEI DARUSSALAM...
    karena mereka lebih sopan...

    KAMI BANGGA MENJADI BANGSA INDONESIA...
    salahkan oknum yang melakukan kesalahan,,
    jgn bawa nama" negara...

    ingat kami bukan negara persemakmuran seperti anda,, kami murni MANDIRI dan BERSAHAJA

    ReplyDelete
  93. EHHHH ANJING BABI...... RAKYAT LU PINTER KARNA SIAPA? DULU BANGSA LU TERTINDAS KELAPARAN......

    ReplyDelete
  94. BANGSAT LO MALAYSIA!!!!!!!!!!!!!!!!ANJING!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  95. NUKLIR NUKLIR NUCLEAR NUCLEAR JANGAN MARUK JADI NUKLEAR,PANTES JADI NEGARA MALING11

    ReplyDelete
  96. fuck malayshit , malingshit, malingsia . .
    trully malingasia . .
    FUCK YOU MOTHER!!!!

    ReplyDelete
  97. wkakakak....ngapain pada pake sarung..
    mo kondangan yaw....

    MAKASIH ATAS PUJIANNYA TERHADAP INDONESIA...

    ReplyDelete
  98. mau menakuti indonesia dengan nuklir, kita gak takut... coba yang bikin blog ini ke indonesia, jangan cuma berani di blog aja lo... lo mau punya nuklir atau enggak, kami rakyat indonesia gak takut.... kami mati sahid sedangkan kalian hidup sampai kiamat merasakan azab dunia... AMIN YA ALLAH...

    ReplyDelete
  99. dont bring out ur stupidity...jgn la mau memaki sesama sendiri..indonesia and malaysia adalah satu rumpun..kt sama2 keturunan melayu dan kebanyakan beragama islam..knp kt mesti bermusuh??ini semua propaganda org barat utk menjadikan kt musuh..my dad is javanese,he born in jawa tengah..he came to malaysia in 70's..i born here...saya sda dtg ke indonesia,i love indonesian people...i really do love them...same as well malaysia...it make me hurt to see we fighting each other...please stop...

    ReplyDelete
  100. AAAAAHH...TAK ADA ITU...!!!
    KAPAN PULAK MALAYSIA PUNYA NUKLIR...????
    IRAN YANG JELAS2 PUNYA NUKLIR NYANTAI AJA....BIARPUN BERITANYA HEBOH SAMPAI DI SELURUH DUNIA...

    EEEEEHH...BODAAAAT..BODAAAAAT...AKU SUKU BATAK DARI SUMATERA, TAPI AKU BANGGA JADI BANGSA INDONESIA, GK KAYAK PEMBUAT BLOG BODAT BANGSAT INI MEMPROVOKASI...TAU KAU ARTINYA BODAT..??
    BODAT = MONYET / dari bahasa Batak...

    UDA JELAS KAU KAN TAIK MALAYSIA...!!!
    SUKU MELAYU SUMATERA JUGA BANGGA JADI BANGSA INDONESIA....
    JANGAN KAU RASIS & FASIS SAMA MELAYU KAU ITU, BODAAAAAAAAAAT...!!!
    KOMBUR MALOTUP ALIAS BANYAK KALI CERITA KAU, TAAAIIKK..!!!!
    HIDUP ORANG INDONESIA..!!
    HORAAAAAAASSSS...!!!!

    ReplyDelete
  101. NKRI harga mati....

    jangan terpengaruh dan terprovokasi....

    ReplyDelete
  102. WOI MALAYSIAL,,,

    KALIAN TUH CUMA SEBESAR UPIL AJA TAU,,!!!


    KALO SAMA INDONESIA KALIAN TU CUMAN SAMPAH,,, SAMPAH,,,,

    SAMPAH,,,!!!!!

    TAIK BABI,,,,

    ReplyDelete
  103. indonesia bukan negara bodoh....
    tapi hanya negara yang saat ini sedang d kuasai olh negara besar karena pemimpin kami di sini orang yang sangat penakut......
    bukti indo bukan bodoh:

    indo bisa membuat/mengembangkan pesawat dan bukan cuma bisa bikin tapi indonesia punya yang namanya BJ habibi....
    orang ini bukan hanya bikin pesawat saja dia juga punya hak paten yang banyak banget membantu perkembangan pesawat.......
    dan apa penyebab produksi itu berhenti silakan tanya d google.....

    kalo gak percaya baca aja d google........
    dan blog gak jelas saya mau tanya ini d buat oleh orang mana???
    asli indo ato malay??

    siapa saja yang punya blog ini....
    saya sarankan untuk hapus secepat mungkin....
    ini kalo sampe ke tangan media bisa rusuh lagi.....

    sapa saja yang punya ini blog adu domba.....
    kalo maksud dari blog ini adalah perdamaian,jangan membahas kekurangan masing" ,
    tapi bahaslah bagaimana kdua negara ini menjalin hubungan yang sangat akrab...
    apapun masalah kedua negara ini saya lbh memperhatikan mesjid kebanggan saya yang akan d rubuhkan oleh israel.....
    lbh baik kita prangi para bani israil bukan kita sesama ngra islam yang berperang

    ReplyDelete
  104. indon negera kuli.. hehe..

    ReplyDelete
  105. wwooo aduhh tiada mahu gaduh ..kayaknya tiada mahu... kami (ingris,belanda dan israel) akan pastikan kamu bergaduh sesama kamu.. hahah kamu lemah.. kamu miskin.. kami beri kamu kekuasaan dan duit kekayaan.. teruskanlah kamu hebat dan kamu dari mana? indonesia.. kamu? malaysia.. aaa kamu teruskanlah bergaduh.. hahahhaa.. what a fools..hahaha

    ReplyDelete
  106. hahahaha...kasi hancur same itu indonsialan!!

    ReplyDelete
  107. ahh, baru nuklir bozz, ta de sejarahnya Indonesia takut sama nuklier !!! yg harus ditakuti cuma TYME

    ReplyDelete
  108. Tiada action bukan melayu.. cakap besar tau agama,mengaku muslim but cuma tau mbuntingin anak sendiri.. buang bayi siapa..MELAYU.. bunuh Athantuya siapa MELAYU.. bunuh benghock siapa.. MELAYU.. semua tak de mengaku karna berkuasa.. Klo mau lawan INDONESIA sebelum ayam berkokok.. dah ranap kao punya negri..

    ReplyDelete
  109. hai ingat malaysia tenggik....dan banci....lo jangan bangga....kalo ternyata kebanyakan org asu malaysia tu bodoh2.....dan pemalas....bentar lagi ki hacker it malaysia....lo harus bayar mahal itu....hayo...jiwa muda mudi bangsa indonesia....ki bangkit....dan bersatu....kaya jaya keemasan kerajaan majapahit dulu.....

    ReplyDelete
  110. SEMOGA KITA SEMUA BERTEMU DI PERANG......

    GANYANG MALINGSIA.....

    WAHAI SBY..
    SEGERA NYATAKAN PERANG DG MALINGSIA

    ReplyDelete
  111. THE MESSAGE FOR THE WORLD MUSLIM.. FREE THE MALAYA PEOPLE FROM THE BEST TRULY APARTHEID ASIA REGIME WHICH HIJACKED THE HUMANITY FROM ISLAM AND HIJACK IT ONLY THE MALAY RACE...THE HIPOCRITE COUNTRY...YOU ARE THE SAME SOUL WITH JAHILLIYAH QURAISY WHICH REPRESS BILAL (THE FRIEND OF RASULULLAH SAW)..!!!!!!!!!

    THE MALAYSIA CONCEPT IS..THE BEST TRULY APARTHEID ASIA....!!!!

    MALAYSIA ....THE BEST TRULY APARTHEID ASIA....!!!!
    MALAYSIA ....THE BEST TRULY APARTHEID ASIA....!!!!
    MALAYSIA ....THE BEST TRULY APARTHEID ASIA....!!!!
    MALAYSIA ....THE BEST TRULY APARTHEID ASIA....!!!!
    MALAYSIA ....THE BEST TRULY APARTHEID ASIA....!!!!

    ReplyDelete
  112. malaysia bangun senjata nuklir..???
    denger2 malaysia gagal luncurin rudal nya n malah masuk ke laut ya rudalnya.????
    rudal aja gagal diluncurin kok mau bangun senjata nuklir.?
    gak masuk akal sama sekali..
    malaysia kagak pernah kreatif..
    bisa nya cuma jiplak doank..
    jadi janganlah sombong wahai malaysia..
    malaysia terbentuk juga karena hadiah dari inggris...
    sama sekali kagak ada usaha buat merdeka in diri sendiri...
    dengan kata lain Malaysia hanya lah negara boneka yang sangat sombong..
    :)

    ReplyDelete
  113. DEMI ALLAH Aing urang sunda aya di pulau jawa NYERI HATE NINGALI TULISAN DINA BLOG IEU, NAGARA AING DI HINA DI LECEHKEUN,SIA HAYANG NA NAON ???. ..

    ENYA GE AING NYERI HATE AING MAH MOAL NGUTUK SIA,
    Doa u/ Yang Membuat BLOG ini :
    Ya Allah Berikanlah Jalan TERANG dan Lurus u/ Orang Yang Membuat Blog Ini, Kembalikan Lah Dia Ke Jalan-MU,
    TuntunLah Dia Agar Bisa Meraih Surga-Mu,
    Berikanlah Dia Rizki Yang Banyak,
    Berikanlah Dia Ilmu Yang Setinggi"nya,

    Ya Allah Kabulkanlah Doa Ku Itu Agar yang punya Blog Ini berhenti menghina, melecehkan, negara kami.

    Aing Urang Bandung
    Aing tresna ka Pulau Jawa
    Aing tresna ka Ras INDONESIA
    AING INDONESIA,
    AING INDONESIA,
    AING INDONESIA,

    ReplyDelete
  114. hahaha.. MALINGSHIT belagu...
    awas thu nuklir meleduk..
    kyk ngerti aja...
    thu INGGRIS bapak lu aja gak belagu..
    lu masih ANAK2nya aja belagu...
    kasian2...
    pantes aja hobi plagiat(MALINGSIA).... biar keliatan keren ya pak cik..
    ngantuk dah gw baca thread beginian..
    isinya BULLSHIT smw...

    ReplyDelete
  115. sudah-sudah. indonesia negara hancur kalo dari segi materi. tapi, kita punya budaya, kita punya keragaman, kita punya leluhur berjiwa pejuang, luhur dan arif. materi dalam sekejap bisa hancur. namun budaya dan kekayaan kita yang sudah tuhan istimewakan, gak akan hancur. Ingat kawan, kita punya kekayaan yang tidak akan hilang. Yaitu budi dan daya. Dan saya harap, kalian mengerti. Siapa yang meniru siapa, semua sudah jelas ko.

    ReplyDelete
  116. Indonesia Sudah Siap dengan Nuklir?
    Sabtu, 26 Maret 2011 11:21 WIB

    REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Peneliti dari Jurusan Fisika F-MIPA Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Khusnun Ain ST MSi menilai Indonesia sebenarnya sudah siap dengan pengembangan nuklir.
    "Masalahnya, kebutuhan listrik cukup mendesak, karena bahan bakar fosil akan segera habis, bahkan harganya kini naik terus," katanya di Surabaya, Sabtu.

    Ia mengemukakan hal itu menanggapi kesiapan Indonesia membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dan kaitannya dampak radiasi akibat kebocoran reaktor nuklir di Jepang pasca-tsunami (11/3).

    Menurut alumnus Teknik Nuklir (S1) UGM Yogyakarta itu, listrik di Jawa saja kurang, apalagi di luar Jawa. "Listrik itu merupakan komponen penting kalau kita mau menarik investor ke Indonesia," katanya.

    Ditanya kesiapan ahli nuklir di Indonesia dan dampak dari reaktor nuklir yang bocor, ia mengatakan, para ahli Indonesia sudah sangat siap dan bahkan mereka sudah melakukan beberapa kali riset dengan aman.

    "Teknik nuklir di Indonesia memang masih sebatas riset, tapi riset para ahli yang kita miliki di Serpong, Batan Bandung, dan Batan Yogyakarta sendiri aman-aman saja," katanya.
    Mengenai bahaya radiasi dari dampak kebocoran reaktor nuklir itu, ia mengatakan, bahaya itu ada dimana saja dan bukan hanya nuklir, bahkan pengamanan teknologi nuklir itu memiliki empat lapis.

    "Kita hanya riset terus sejak tahun 1970-an, padahal Vietnam sudah punya dan bahkan Malaysia dan Filipina akan segera membangun PLTN, lalu apa yang kita tunggu," katanya.

    Ahli fisika lulusan Teknik Fisika (S2) UGM Yogyakarta itu mengatakan masalah mendasar di Indonesia adalah protes dari kalangan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

    "Protes itu sebenarnya tidak didasarkan data yang akurat, melainkan didorong persaingan antarnegara, karena ada negara-negara tertentu yang tidak menghendaki negara lain menguasai teknologi nuklir, lalu mereka memanfaatkan para pegiat/aktivis LSM," katanya.

    Oleh karena itu, katanya, sekarang tinggal bergantung kepada keputusan pemerintah, karena bila lokasi PLTN di Jawa diprotes terus, maka lokasi di luar Jawa dapat menjadi alternatif.

    "Saya dengar, masyarakat Riau berminat untuk ditempati lokasi PLTN, kemudian di Kalimantan juga begitu, tapi saya tidak ingat daerahnya. Saya kira luar Jawa lebih membutuhkan listrik," katanya.

    Untuk dana, katanya, hal itu juga bukan persoalan mendasar, karena Indonesia sudah lama mendapat tawaran dari Kanada dan Prancis. "Investasi awal memang mahal, tapi kita bisa bekerja sama dengan Kanada dan Prancis, lalu bila sudah operasional akan murah," katanya.

    ReplyDelete
  117. Ini Dia, Reaktor Nuklir di Indonesia

    Tuesday, 15 March 2011 12:10
    Hits: 2599

    E-mail
    Print option in slimbox / lytebox? (info)
    PDF

    0 Comments
    Share11

    KBR68H - Ambisi pembangunan reaktor nuklir di Indonesia sudah ada sejak 1950-an, pada saat kondisi politik dan keamanan di tanah air belum stabil. Di masa rezim Soekarno, pada 1957, Indonesia menjadi anggota Badan Energi Atom Internasional IAEA. Indonesia lalu sudah membentuk Dewan Tenaga Atom (DTA) dan Lembaga Tenaga Atom (LTA) pada 1958, yang dua lembaga itu kemudian berubah nama menjadi Badan Tenaga Atom Nasional. Dan Indonesia menjadi negara pertama di ASEAN yang memiliki dan mengembangkan tenaga nuklir.

    Pada 1965 Indonesia meresmikan reaktor nuklir, yang membuat negara ini menjadi negara pertama di ASEAN yang memiliki dan mengembangkan tenaga nuklir. Berturut-turut setiap tahun, sejak 1965-1967, Indonesia membangun tiga reaktor nuklir di tiga tempat terpisah.

    Sejumlah reaktor nuklir pun didirikan di lokasi yang kerap disebut 'kawasan nuklir'. Reaktor pada awalnya didirikan untuk kajian akademis, atau reaktor laboratorium. Di samping itu, juga untuk mengkaji kemungkinan ancaman terpapar senjata nuklir yang diujicoba di lautan Pasifik oleh negara-negara maju. Seluruh reaktor dikelola BATAN. Karena lebih ditujukan untuk laboratorium riset, reaktor nuklir di Indonesia digunakan untuk memproduksi radioisotop atau isotop dari material radioaktif, untuk keperluan penelitian.

    Berikut reaktor nuklir yang dimiliki Indonesia.

    ReplyDelete
  118. 1. Pusat Teknologi Nuklir Bahan dan Radiometri (PTNBR), Bandung, Jawa Barat

    * Diresmikan tahun 1964
    * Populer dengan nama Reaktor Triga Mark II
    * Nama lain adalah Reaktor Triga 2000 (namanya diubah Presiden Megawati Soekarnoputri pada tahun 2000)

    Inilah reaktor nuklir pertama di Indonesia, yang pada saat kelahirannya mendapat sorotan Radio Australia dengan menyebutkan, "Indonesia mampu membuat reaktor atom", serta "Indonesia masuk abad nuklir."

    Namanya sempat ganti beberapa kali. Semula dinamakan Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Bandung, lalu berubah menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknik Nuklir (P3TkN), dan terakhir Pusat Teknologi Nuklir Bahan dan Radiometri (PTNBR). Reaktor disini populer disebut reaktor Triga Mark II, karena menggunakan reaktor TRIGA buatan General Electrics (Amerika Serikat). Meskipun sebetunya reaktor jenis ini juga dipakai di Yogyakarta, namun karena terpasang pertama di Bandung, penyebutkan Triga Mark II identik dengan reaktor di Bandung.

    Reaktor Triga Mark adalah reaktor nuklir kelas kecil. Reaktor TRIGA didesain bisa dipasang tanpa gedung. TRIGA singkatan dari Training, Research, Isotopes, General Atomics. Sesuai namanya, reaktor ini digunakan untuk keperluan ilmiah khususnya di perguruan tinggi, riset pribadi, dan keperluan lain yang tidak bersifat merusak. Reaktor seperti ini populer dipakai di sejumlah negara Asia. Reaktor ini diklaim 'aman dipakai walaupun di tangan pelajar muda.'

    Reaktor yang dipasang di Bandung, Jawa Barat menggunakan TRIGA Mark II. Pada 1965, reaktor ini memiliki daya 250 kW, kemudian ditingkatkan menjadi 1.000 kW pada 1971, dan terakhir menjadi 2.000 kW pada 2000. Reaktor ini menempati lahan sekitar 3 hektar. Di kawasan ini terdapat Pusat Teknologi Bahan dan Radiometri. Kegiatan di sana meliputi pendayagunaan reaktor untuk penelitian dan pembinaan keahlian, penelitian bahan dasar, penelitian isotop & senyawa, analisa radiometri, pengawasan keselamatan kerja terhadap radiasi, dan pelayanan kedokteran nuklir.

    Operasional reaktor Triga Mark II di Bandung dilakukan oleh BATAN dan memiliki hubungan erat dengan Institut Teknologi Bandung, yang memiliki cukup banyak peneliti nuklir.

    2. Pusat Penelitian Tenaga Atom (PPTA) Pasar Jumat, Jakarta Selatan
    * Didirikan tahun 1966
    * Reaktor iradiasi Gammacell dipakai 1968
    * Populer dengan nama Reaktor Pasar Jumat

    Pusat Penelitian Tenaga Atom (PPTA) Pasar Jumat berada di kawasan nuklir di Jl Lebak Bulus Raya, Pasar Jumat, Jakarta Selatan. Berdiri di lahan sekitar 20 hektar. Reaktor yang digunakan adalah jenis iradiator. Awalnya menggunakan Gammacell 220 untuk iradiasi Cobalt-60. Iradiator ini berukuran seperti tabung elpiji ukuran jumbo setinggi sekitar satu meter. Iradiator Gammacel biasanya digunakan penelitian pribadi. Fasilitas iradiasi digunakan untuk pemuliaan tanaman.

    Aktivitas utama di Pusat Penelitian Tenaga Atom Pasar Jumat bisa dikatakan dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Isotop dan Radiasi (P3TIR), namun populer di kalangan internal BATAN dengan sebutan PETIR.

    Di sini juga terdapat mesin berkas elektron (electron beam reactor), unit pengolahan uranium, pengukur radiasi, laboratorium sains, gedung peragaan sains dan lain-lain. Laboratorium nuklir di Pasar Jumat merupakan laboratorium penunjang untuk reaktor utama Indonesia di Serpong.

    ReplyDelete
  119. 3. Pusat Penelitian Tenaga Atom (PPTA) GAMA Yogyakarta
    * Diresmikan tahun 1967
    * Populer dengan nama Reaktor Kartini

    Seperti Reaktor Triga Mark II di Bandung, Reaktor Kartini juga menggunakan mesin TRIGA Mark II. Reaktor ini memiliki daya 100 kW dan rencananya juga akan ditingkatkan menjadi 2.000 kW. Terletak di kawasan nuklir, Jl Babarsari, Depok, Sleman, Yogyakarta seluas delapan hektar.

    Reaktor ini juga menjadi tempat penelitian bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Nuklir (STTN), yang berada satu kawasan dengan PPTA. STTN merupakan lembaga pendidikan yang dibentuk BATAN pada 2001. Selain itu, reaktor Kartini juga menjadi laboratorium bagi mahasiswa Jurusan Teknik Nuklir, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Belakangan Jurusan teknik nuklir berubah menjadi Teknik Fisika, dan membuat program studi Teknik Nuklir.

    Kawasan nuklir di Yogyakarta juga memiliki fasilitas perangkat subkritik, laboratorium penelitian bahan murni, akselerator, laboratorium penelitian D2O, laboratorium fisika dan kimia nuklir, fasilitas keselamatan kerja dan kesehatan, perpustakaan, fasilitas laboratorium untuk pendidikan, juga Pusat Teknologi Akselerator. Namun, aktivitas di Reaktor Kartini mengalami penurunan karena berkurangnya kegiatan pendidikan dan latihan.

    Reaktor ini disebut Reaktor Kartini, diambilkan dari nama pahlawan nasional asal Jepara, Jawa Tengah, RA Kartini, yang menulis buku berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang."

    4. Reaktor Serba Guna GA Siwabessy, Serpong, Banten
    * Diresmikan 1987
    * Populer dengan nama Reaktor Siwabessy/Reaktor Serpong

    Reaktor Nuklir Siwabessy merupakan reaktor terbesar dan termodern di Asia Tenggara dan menggunakan teknologi termutakhir. Meski berstatus sebagai reaktor riset, Reaktor Siwabessy disebut-sebut sebagai miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), meski Siwabessy tidak didesain sebagai reaktor pembangkit komersial. Reaktor ini juga diklaim sebagai reaktor generasi III yang sudah teruji (proven) dalam stabilitas maupun keamanan.

    Reaktor ini terletak di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) Serpong, Tangerang, Banten yang menempati lahan seluas 25 hektar. Reaktor berpendingin air ini berkapasitas 30 Megawatt. Reaktornya dibangun di bawah permukaan tanah, dengan konstruksi konkret (beton) yang diklaim mampu tahan terhadap guncangan gempa berskala 8 Skala Richter.

    Nama GA Siwabessy diambil dari Gerrit Augustinus Siwabessy, seorang dokter dan ahli radiologi asal Maluku dan juga pahlawan nasional yang pernah menjadi Menteri Badan Tenaga Atom Nasional pada rezim Soekarno.

    Selain fasilitas utama Reaktor Siwabessy, di kawasan nuklir Serpong terdapat beberapa fasilitas utama lainnya, seperti Instalasi Produksi Elemen Bakar Reaktor Riset, Instalasi Radioisotop dan Radiofarmaka, Instalasi Elemen Bakar Eksperimental, Instalasi Pengolahan Limbah Radioaktif, Instalasi Radiometalurgi, Instalasi Keselamatan dan Keteknikan Reaktor, Fasilitas Pengembangan Informatika, Instalasi Mekano Elektronik Nuklir, Instalasi Spektometri Neutron, serta Instalasi Penyimpanan Elemen Bakar Bekas dan bahan Terkontaminasi. Di sini bahan-bahan yang sudah terkontaminasi radiasi nuklir disimpan dalam silinder-silinder beton berbagai ukuran, sampai melewati masa luruh atau waktu paruh radiasi.

    ReplyDelete
  120. Wah hahahahaha ... very good very good very good ... you Malay people hate Indonesian and Indonesian hate Malay ... hahahahha please continue fighting and killing each other !!! buy more weapons yaaa ... we Western people very happy to see you killing each other ... same like Arabs killing each other ... North Korea and sout Korea and also China and Taiwan hahahahahahahahahahha ... please please ... fight each other yaaa... after that we will invade your rich land using the United Nation ... ha ha ha ha OK please Indonesia non Javanese you must hate Javanese people yaaa so the Indonesia Raya the United NKRI will be destroyed ... because we Western (org putih suci) we don't like 250 million Indonesian people becomes too strong !!! we Western nations we have many headache with the Arab Rising the Chinese rising ... we don't want these Indon and Malay becomes united ... no more headache ... hahahhahahah so please continue fighting yaaa Selamat bunuh-bunuhan hahahahahahahahahahaha STUPID MALAY STUPID INDON STUPID PAPUA ACEH !!!!! please bunuh each other yaaa ... hahahahahha Viva white people .. we shall rule the world !!! hahahahahahah

    Goblok lu pade' ... ngerti nggak lu sekarang bagaimana pandangan orang Barat ? itu namanya devide et impera ... itu namanya assymetric warfare ... makanya belajar !!!

    ReplyDelete
  121. Hancurkan saja Kerajaan Malaysia dengan membantu Rakyat melayu mendirikan Negara Republik Melayu. Kerajaan malaysia adalah Boneka Inggris siap mengerjakan perusakan di asia dengan control dari Inggris. Malaysia kejam dengan membodohi Rakyat Melayu. tanpa kebebasan Bersuara. Yang bikin Forum dan hasut itu tentara bayaran yang disewa Inggris untuk bikin kekacauan. info http://www.visitemalaysia.blogspot.com

    ReplyDelete
  122. Sejarah membuktikan jika melayu pegang payung kekuasaan..semua bangsa hidup aman,bole bebas,dihotmati kerana budipekerti,x rasism membabi buta,negara selamt daripada perang..tapi jika jawa indo yg pegang kuasa?...anda ada jwpannya.

    ReplyDelete
  123. Kata kuli ku Indon yg bkerja diladang sawit ku (aku ada kuli indon 30 org)... yg marah2 berkomen di blog atau anti Malaysia tu asalnya TKI yg dhantar pulang dr Malaysia kerna masuk secara haram.... Tp jika mereka bkerja di Malaysia ..mereka bermuka kasihan dan jika dipuji mereka akan tunjuk kuat dan bleh disuruh buat apa pun. Orang Malaysia suka puji orang... supaya mudah kerja yg dirancang... lain dgn indon suka gaduh gaduh dgn jiran tp perut lapar. Kuli ku kebanyakan indon jawa yg pendek pendek tu dan kulit berdebu walaupun dah mandi.

    ReplyDelete
  124. Kami puji sistem demokrasi Indon..... sebab pd faham org indon demokrasi yg baik tu rakyat bebas sgt bersuara. Dan banyklah demontrsi dan lupa bangunkan negara. Inilah rahsia negara jiran puji indon. Kami di Malysia hanya 8% shj yg suka kebebasan bsuara yg lain tu x suka. Sebab negara x maju jika rakyat x dikawal sperti indon

    ReplyDelete
  125. malaysia memang hebat,,, tidak banyak omong tapi langsung action,,, gak kayak negara tetangganya yang hanya bangga dengan angan angan dan janji,,

    ReplyDelete
  126. saya bangga nilai melayu dibanding nilai jawa alias indon

    ReplyDelete
  127. Malingsia cuma negara boneka inggris kemerdekaannyapun dikasih sama inggris wkwkwkwkwkwkwk.....pasti inggris pada masa itu malaysia udah gk berguna lagi makanya dikasih kemerdekaan muka melas malaysia yg bikin inggris kasian makanya dikasih kemerdekaan

    ReplyDelete
  128. Malaysia bodoh tolol Kaya banci menara kembar aja arsitekturnya dari indonesia wkwkwkwkwwk.... dicegat 3 tentara TNI di laut aja langsung pada kabur dasar payah mending lo sumpel tuh kayu ke PANTAT raja lo

    ReplyDelete
  129. Astagfirullahaladzim, pada x sekolah kalian ni ?? Malay mau pun indon ape bedanya kalian? Sesame manusia. Yang punya blog ini rajin-rajin lah kau sollat supaya damai & tak mudah marah

    ReplyDelete